UTU Jalin Kerjasama Dengan Perpustakaan Nasional RI
  • UTU News
  • 19. 05. 2022
  • 0
  • 672

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) pada Kamis (19/5/2022) telah melangsungkan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan ini berlangsung di Aula Lt. IV Gedung Balaikota, Banda Aceh.

Penandatanganan Kerjasama ini dilaksanakan oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor I UTU, Dr. Alfizar, DAA dan Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. 

Kepada media UTU News, Dr. Alfizar didampingi Kabiro AKPK UTU, Drs. HT. Muslim Raden, M.Si menjelaskan, penandatangan kerjasama ini sekaligus untuk menghadapi era informasi dan globalisasi yang semakin kompetitif, perguruan tinggi di Indonesia, dituntut untuk meningkatkan mutu melalui Tridharmanya agar mampu bersaing dengan perguruan tinggi asing terutama perguruan tinggi yang telah mencapai predikat world-class university.

Sementara Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. Kepala Perpustakaan Nasional RI menyampaikan bahwasanya salah satu fungsi Perpustakaan Nasional RI adalah sebagai Pusat jejaring perpustakaan, sebagai wujud terlaksananya jejaring perpustakaan diperlukan kerja sama antara perpustakaan dan lembaga di era digital.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan dari 15 lembaga mitra, diantaranya 12 perguruan tinggi dan 3 pemerintah kab/kota. Ke-12 perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Al Muslim, Universitas Jabal Ghafur, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, ISBI Aceh, sIAIN Langsa, IAIN Lhokseumawe, Politeknik Kutaraja, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Aceh, STIKES Muhammadyah Aceh dan Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Sementara dari 3 instansi dari Pemerintah daerah yaitu Dinas Perpustakaan Aceh Tenggara, Dinas perpustakaan dan kearsipan kab. Pidie Jaya serta Pemerintahan Kota Sabang.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan 15 lembaga mitra. Kerjasama tersebut meliputi, pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan, pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang perpusdokinfo dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital, pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan, pertemuan ilmiah penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan, penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR). (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :