Tim Wira Desa dan PHP2D UTU Masuk Nominator Program Abdidaya 2021
  • UTU News
  • 30. 11. 2021
  • 0
  • 3210

MEULABOH - UTU | Khabar gembira kembali didapati oleh Civitas akademika Universitas Teuku Umar, setelah rentetan prestasi berhasil mengharumkan nama UTU sepanjang tahun 2021. Khabar gembira kali ini berkaitan masuknya Universitas Teuku Umar sebagai Nominator penerima Abdidaya 2021.

Sesuai dengan pengumuman Kementrian pendidikan dan Kebudayaan nomor 6828/E2/KM.09.00/2021 terdapat 2 tim program dari UTU yang masuk nominator yaitu Tim Wira Desa dan Tim PHP2D. Adapun tim Wiradesa UTU berhasil lolos seleksi dan masuk kedalam 3 kategori nominator Program Abdidaya Tahun 2021. Adapun nominator yang didapatkan oleh tim Wira Desa yaitu Organisasi Mahasiswa Terbaik, Dosen Pendamping Terbaik dan Support System Perguruan Tinggi Terbaik. Sementara tim PHP2D yang masuk nominator adalah kategori support system.

"Kami sangat bersyukur dan bangga terhadap anak-anak kami dari tim Wira Desa dan PHP2D yang telah menjalankan program dengan sangat baik sehingga masuk nominator dalam program Abdidaya 2021. Besar harapan kami, semoga tim Wiradesa dan PHP2D mendapatkan hasil yang terbaik" Ujar Yarmaliza, S.KM., M.Si Koordinator Pusat Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa saat melakukan diskusi bersama tim Wira Desa pada Kamis (25/11/2021).

Abdidaya merupakan salah satu progam untuk meng- apresiasi bidang pengabdian, Abdidaya menjadi sangat menarik karena pada ajang inilah para pemberdaya masyarakat diuji tanding dan ditantang untuk dilihat seberapa berdampaknya program yang dijalankan ke desa binaan melalui luaran-luaran yang  inovatif dan kolaboratif.

"Alhamdulillah tim kita mendapatkan nominator Abdidaya, saya selaku dosen pendamping sangat bangga terhadap mahasiswa-mahasiswa tim Wiradesa yang telah selalu bekerja sama dan menjaga kekompakan nya selama melaksanakan program ini, semoga dengan hal ini dapat menjadi contoh dan memacu semangat mahasiswa-mahasiswa perikanan lainnya". Ujar Muhammad Agam Thahir, S.Pi., M.Si dosen pendamping Tim Wira Desa Universitas Teuku Umar.

Tim Wira Desa dan PHP2D akan mengikuti serangkaian kegiatan Abdidaya 2021 yang dilaksanakan oleh IPB University yang dimulai dari pembukaan pada tanggal 1 Desember, dilanjutkan penjurian pada 2 - 5 Desember dan diakhiri dengan malam penganugerahan pada tanggal 6 Desember.

Kegiatan ini merupakan perhelatan besar yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdikbudristek RI yang bertujuan untuk memaksimalkan dan memunculkan potensi yang dimiliki oleh seluruh unsur pengabdian kemahasiswaan dalam menyongsong masa depan yang unggul melalui dunia pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Abdidaya 2021 menjadi sangat menarik karena pada ajang inilah para pemberdaya masyarakat diuji tanding dan ditantang untuk dilihat seberapa berdampaknya program yang dijalankan ke desa binaan melalui luaran-luaran yang inovatif dan kolaboratif.

Abdidaya 2021 ini diselenggarakan sebagai wujud impelementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) bentuk pengabdian kepada masyarakat, proyek kemanusiaan, penerapan kewirausahaan / socio-preneurship, dan proyek di desa untuk membangun berbagi sektor kehidupan masyarakat. Pada tahun 2021 ini, Abdidaya merupakan acara yang dilaksanakan untuk pertama kali dengan IPB University sebagai tuan rumah kegiatan. Tema kegiatan yang diusung adalah “Mewujudkan Semangat Gotong Royong Mahasiswa Membangun Desa sebagai Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”. Dengan membawa semangat “Adidharma Sahwahita” memiliki makna pengabdian yang agung dan bermanfaat bagi kita semua, hal ini dimaksudkan bahwa semangat mengabdi akan berdampak bagi sekitar. (*)

Komentar :

Lainnya :