Proposal Penelitian dan Pengabdian Dosen Diluncurkan
  • UPT_TIK
  • 22. 01. 2022
  • 0
  • 1777

MEULABOH, UTU - Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat-Kemdikbudristek, meluncurkan (launching) pembukaan proposal pendanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2022. Peluncuran proposal penelitian dan pengabdian yang dilakukan secara daring, Jumat, 21 Januari 2022, diikuti para dosen Universitas Teuku Umar (UTU) dan para dosen secara nasional.

Plt. Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Teuku Faisal Fathani, antara lain menjelaskan, tugas sebagai dosen pembimbing dalam tridharma perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi motor untuk menjamin pembangunan berkelanjutan dan menjadi tulang punggung inovasi. Untuk itu, dalam kegiatan penerimaan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan bisa menghasilkan inovasi dan sains teknologi serta seni budaya, agar reka cipta seni budaya ini dapat dirasakan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat.

Prof. Faisal Fathani menyampaikan, dalam upaya mendukung kebijakan kampus merdeka dan untuk mencapai 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama (IKU), maka terkait dengan indikator kelima, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat dan mendapat rekomisi internasional, harapan utama dari kegiatan ini agar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dimanfaatkan. Disamping itu juga dapat melibatkan para mahasiswa baik dari jenjang S1, S2 dan S3. 

Tema dari penelitian dan pengabdian ini ada dua. Pertama, competitive fund yaitu program kompetisi untuk penelitian kampus merdeka yang fokus bagi PTN dan PTS. Kedua, matching fund yang merupakan wadah untuk melakukan hilirisasi penelitian kerjasama dengan para mitra, dari kementerian lembaga non kementerian pemerintah daerah, dinas dan lain sebagainya melalui flatform kedeireka.

Menurut Prof. Faisal Fathani, secara garis besar, pendanaan untuk competitive fund tersedia sebesar Rp, 1,1 triliun untuk tahun 2022, dimana ada 10 ribu dosen pemula yang akan diwadahi dalam riset klaster utama, madya dan binaan untuk PTN dan PTS sebesar Rp. 100 miliyar, untuk PTN BLU dan PTS sebesar Rp. 525 miliyar, untuk hilirisasi dan menjawab solusi-solusi Negara untuk PTN BH sebesar Rp. 575 miliyar. Sedangkan untuk matching fund tersedia dana hampir Rp. 1 triliun untuk dapat mengimbangi dana dan komitmen dari dunia usaha dan dunia industry bagi penelitian, kegiatan dan inovasi yang ada di perguruan tinggi. (***)

Lainnya :