Prodi IAN UTU Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen Mutu
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 10. 06. 2022
  • 0
  • 867

Meulaboh - Dalam rangka melaksanakan penguatan jaminan mutu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melalui program studi Ilmu Administrasi Negara melaksanakan pelatihan penyusunan dokumen mutu di Aula Rapat Utama Gedung Terintegrasi UTU selama dua hari, 30-31 Mei 2022.

Pada kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Dekan FISIP Universitas Teuku Umar,  Basri, S.H., M.H., Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc., selaku narasumber, Ketua Prodi IAN, Safrida, S.Sos., M.A.P., Sekprodi IAN, Agatha Debby Reiza Macella, S.A.P., M.Si., para Ketua Prodi di Lingkup FISIP UTU serta para Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar.

Dekan FISIP Universitas Teuku Umar, Basri, S.H., M.H. dalam sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan bahwa pelatihan penyusuanan dokumen mutu tersebut sangat penting dilakukan secara berkala di kampus UTU khususnya di seluruh prodi dalam lingkup FISIP. Menurutnya dengan pelatihan tersebutlah mutu yang ada pada prodi di FISIP khususnya prodi IAN yang membuat acara ini akan dapat ditingkatkan setiap tahunnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Safrida, S.Sos., M.A.P. mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan karena menurutnya mutu prodi harus ditingkatkan lagi agar tercapai pada tahapan "baik sekali" bahkan "Unggul". "Upaya peningkatan mutu ini terus coba kita lakukan agar menjadi lebih baik lagi ke depannya, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika nanti kita akan meraih akreditasi unggul jika tahu apa yang seharusnya kita lakukan kedepannya agar memenuhi standar tersebut" ujar Kaprodi IAN. Selain itu juga dosen perlu mengetahui apa yang harus dipersiapkan dalam penyusunan dokumen mutu untuk menunjang akreditasi prodi masing-masing.

Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc. selaku narasumber yang juga merupakan dosen peternakan sekaligus Ketua Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala mengatakan bahwa hal penting yang harus dilakukan oleh semua komponen prodi dan fakultas adalah mencoba mempelajari apa saja yang harus disiapkan berdasarkan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 (IKU) dan strategi apa saja yang harus kita susun untuk mencapai IKT yang melampaui SN Dikti agar memperoleh pengakuan baik sekali maupun unggul. " saya yakin apa yang pernah dilakukan dan dicapai oleh USK dapat juga dilakukan oleh UTU, jika tim penjaminan mutu yang ada di prodi, fakultas dan universitas memiliki tekad untuk melangkah lebih jauh untuk memperbaiki mutu lembaga kita ini yang tak lain adalah rumah kita sendiri." tutup Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc. Selain itu narasumber juga mengatakan siap membantu jika dibutuhkan untuk pendampingan penyusunan dokumen mutu tersebut di kesempatan lainnya. (IRL)

Lainnya :