PHP2D Himadistra Gelar Awarding Night Festival Literasi Anak
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 11. 10. 2021
  • 0
  • 255

Gampong Lancong Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat. Sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya anak-anak dalam mengikuti kompetsi literasi agar meningkatnya pengetahuan dan keterampilan literasi yang tinggi, Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) Himadistra FISIP Universitas Teuku Umar melaksanakan acara awarding night festival literasi anak.
Acara tersebut berlangsung di halaman masjid gampong lancong (09/10/2021).

Ketua Tim PHP2D Himadistra, Marzuki dalam laporan kepanitiannya menyampaikan bahwa kegiatan awarding night festival ini dilaksanakan atas kerja sama antara dosen pembimbing dan mahasiswa pelaksana program PHP2D dengan unsur aparatur gampong lancong serta seluruh unsur kepemudaan yang turut berkontribusi dalam penyuksesan pelaksanaan festival.

Dalam sambutannya Marzuki turut menyampaikan bahwa sebelum diadakannya awarding night pada acara puncak penghargaan festival literasi, sudah terlebih dulu dilaksanakan sejumlah rangkaian perlombaan literasi yang dimulai sejak sabtu siang jam 14:00 yang diikuti oleh 40 anak anak yang terbagi ke dalam 3 level/group dengan 3 jenis cabang perlombaan.
Level 1 berjumlah 12 peserta, level 2 sebanyak 15 peserta serta level 3 sebanyak 13 peserta.

Untuk jenjang level 1 : cabang yang diperlombakan adalah baca tulis huruf. Untuk jenjang level 2 cabang yang diperlombakan adalah lomba membaca cerita pendek serta level 3 adalah cabang pembacaan puisi.

Safrida S.Sos., M.A.P Sebagai Dosen Pembimbing PHP2D dalam sambutannya turut mengapresiasi antusiasme warga Lancong dari setiap lapisan Masyarakat yang telah ikut berkontribusi dalam pelaksanaan festival, beliau juga berharap dengan dilaksanakannya acara festival, anak-anak Lancong dapat memiliki literasi yang tinggi sehingga dapat berdaya saing seperti anak-anak perkotaan lain pada umumnya.

Dalam penutupan laporannya Marzuki menyampaikan harapan agar kegiatan festival literasi serta awarding night yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi seluruh anak-anak Lancong sehingga dapat berdaya saing dengan masyarakat luar terkhususnya dalam hal literasi.

Geuchik gampong lancong Antom Sabar dalam arahan dan bimbingannya turut mengapresiasi acara festival literasi anak tersebut “Acara ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami di gampong lancong serta kami berharap bagi anak-anak kami agar jangan sekedar mengharap juara dari setiap lomba akan tetapi juga harus fokus pada ilmu pengetahuan yang didapatkan dari masing-masing cabang lomba tersebut, Ujarnya. 

Lainnya :