Himadistra Fisip UTU Gelar Pelatihan Kesekretariatan Secara Virtual
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 29. 06. 2021
  • 0
  • 985

Meulaboh, 26 Juni 2021 - Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan salah satu program kegiatannya secara virtual (zoom metting), yaitu Pelatihan Surat Menyurat atau Kesekretariatan dengan mengangkat tema, “Memaksimalkan Potensi Diri Dalam Pengelolaan Administrasi”. Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang sangat luar biasa yaitu Ibu Agatha Debby Reiza Macella, S.A.P.,M.Si., beliau adalah salah seorang dosen di Universitas Teuku Umar program studi Ilmu Administrasi Negara. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, bapak Fadhil Ilhamsyah, S.I.P.,M.Si, dan diikuti oleh sebagian besar mahasiswa Ilmu Administrasi Negara. Domisioner Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara periode 2019-2020 pun turut menghadiri acara tersebut.

Meski masa pandemi covid-19 belum berakhir, namun segala kegiatan harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya. Sama halnya seperti kegiatan yang diselenggarakan oleh Himadistra secara virtual ini. Kegiatan pelatihan surat menyurat/kesekretariatan yang diadakan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara. Pelatihan surat menyurat dianggap sebagai suatu hal dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN). Kaprodi IAN sendiri mengatakan, “saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ini merupakan ilmu dasar yang harus dikuasi oleh mahasiswa IAN khususnya. Meskipun kegiatan pelatihan surat menyurat dianggap sangat sakral akan tetapi tanpa penguasan ilmu yang tinggi maka tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi mahasiswa IAN terhadap berbagai hal yang berkenaan dengan tatakelola surat menyurat”.

Pemateri acara pelatihan surat menyurat menyampaikan materi khusus yang berjudul Korespondensi. Dalam hal ini ilmu yang disampaikan sangat detail dan tentunya sangat bermanfaat. “Sebenarnya jika kita membahas tentang surat menyurat tidak akan cukup waktunya sesuai dengan acara ini, kiat perlu banyak waktu untuk membahas hal ini karena materinya sangat panjang dan harus benar-benar dipahami dengan baik”, ujar Ibu Agatha Debby Reiza Macella. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti acara tersebut juga sangat antusias, hal ini disampaikan berdasarkan keaktifan mahasiswa di ruang zoom meeting yang merespon dengan semangat penyampaian materi dari narasumber, mahasiswa juga banyak memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan pada sesi tanya jawab berlangsung hingga berakhirnya acara.

Kegiatan pelatihan surat menyurat atau kesekretariatan merupakan salah satu program kerja utama dari HIMADISTRA-FISIP-UTU periode 2020-2021 yang diketuai oleh saudara Agusnai dan wakil ketua saudara Tata Riandi. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh HIMADISTRA-FISIP-UTU periode 2020-2021 selama masa jabatannya setelah pelantikan pada tanggal 26 April lalu. (***)

Lainnya :