Dosen FPIK UTU Dampingi Kegiatan Budikdamber di Desa Tanah Bara Aceh Singkil
  • perikanan
  • 17. 10. 2021
  • 0
  • 725

MEULABOH – Fakultas Perikanan Universitas Teuku Umar gelar kegiatan budidaya dalam ember atau disebut dengan Budikdamber. Kegiatan pelatihan Budikdamber tersebut diselenggarakan di Desa Tanah Bara Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil yaitu pada hari Sabtu 16 Oktober 2021.

Kegiatan pendampingan Budikdamber tersebut didampingi oleh  3 (tiga) dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yaitu Nurul Najmi, S. Kel., M.Si selaku dosen dari Program Studi Sumber Daya Aquatik, Bapak Akbardiansyah, S.Kel., M.Si dan Afdhal Fuadi, S.Pi., M.Si selaku dosen Program Studi Perikanan. Kegiatan Budikdamber tersebut diikuti oleh masyarakat dan perangkat Desa Tanah Bara serta tim Kader Ikani, kader Tani dan kader Desa yang masing-masing kader tersebut berjumlah 8 orang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bina Desa yaitu Bapak Akbardiansyah, S.Kel., M.Si selaku Tenaga Ahli, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Nurul Najmi, S.Kel., M.Si dan dibantu oleh Bapak Afdhal Fuadi, S.Pi., M.Si. “Budikdamber adalah kegiatan budidaya ikan di dalam ember yang teknik ini merupakan pengembangan dari Aguaponik, karena tanaman sayuran dan ikan bisa dibudidayakan dalam satu wadah” ujar Nurul Najmi.

Kemudian Afdhal Fuadi, S.Pi., M.Si juga menyampaikan kegiatan Budikdamber tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, “kelebihan dari kegiatan Budikdamber ini adalah kita bisa memanfaatkan bahan atau alat yang tidak dipakai lagi, misalnya dari limbah botol aqua gelas bekas maupun ember bekas” ujarnya.

“Harapan besar kami dari UTU Bapak/Ibu yang sudah mengikuti kegiatan Budikdamber ini bisa melanjutkan atau membuat di perkarangan rumah masing-masing, supaya bisa memanfaatkan ikan yang masih segar sekaligus sayuran” ujar Akbardiansyah, S.Kel., M.Si.

Hasil output yang diharapkan dari kegiatan  ini adalah para Kader dan masyarakat Desa Tanah Bara bisa melanjukan kegiatan Budikdamber baik itu di skala rumahan maupun skala bisnis [Afdhal].

Komentar :

Lainnya :